Sabtu, 03 Mei 2014

Memutar Video Format .DAT pada Android

DAT adalah ekstensi file video yang ditemukan sebagian besar pada video CD. Hal ini biasanya digunakan untuk menyimpan kode video MPEG-1 pada video CD. File sejenis ini tidak dapat diputar pada aplikasi pemutar video standard bawaan Android.

Tapi jangan khawatir, ada cara untuk membuatnya dapat diputar pada Android. Kita memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk itu. Saya pribadi merekomendasikan aplikasi MX Player. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis pada Google Play Store.

Setelah terinstall pada ponsel kamu, buka file video DAT dengan file manager, ketika ditanyakan aplikasi apa yang akan digunakan untuk membukanya, pilih aplikasi MX Player, dan video akan segera diputar.

Tapi jika kamu masih tidak dapat membuka file berekstension DAT tersebut, kamu bisa mencoba merubah ekstensi file tersebut dari .DAT menjadi .MPG. Misalkan : film01.DAT rubah menjadi film01.MPG.
Jika kamu tidak tahu bagaimana untuk mengubah jenis ekstensi file pada Android, saya akan membuat artikel nya nanti.

MX Player juga dapat memainkan hampir semua jenis file video, termasuk file file video beresolusi tinggi (HD), bahkan mampu membaca file .srt yang digunakan untuk mengeluarkan teks (subtitle) pada video.
Selamat mencoba dan menikmati koleksi video CD kamu... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar