Selasa, 23 Februari 2016

Mengapa Warna Pesawat Umumnya Putih?

Pada umumnya kebanyakan pesawat terbang adalah berwarna putih. Ternyata ada alasannya loh. Ini alasan alasannya :

1. Mewarnai pesawat dengan warna warni mahal biayanya, dan juga makan waktu karena dibutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu untuk mendekorasi warna pesawat.

2. Banyak warna berarti banyak cat yang digunakan. Itu artinya akan menambah berat pesawat. Berat pesawat berhubungan langsung dengan banyaknya bahan bakar yang diperlukan, yang artinya akan memakan biaya operasional lebih tinggi.

3. Pesawat berwarna solid atau banyak warna memiliki nilai jual lebih rendah daripada yang berwarna putih. Hal ini dikarenakan perusahaan baru yang akan membeli pesawat itu nantinya harus mengecat ulang atau mendekor ulang warnanya, tentunya akan menjadi pertimbangan dan cost berlebih dari yang beli kan... :)

4. Warna putih memantulkan sinar matahari yang menerpanya, tidak seperti warna lainnya yang menyerap sinar dan membuat suhu pada badan pesawat menjadi naik dan panas.

5. Warna putih tidak mudah pudar. Hal ini tentu menghemat pengeluaran perusahaan kan. Warna lain akan cepat pudar dan terlihat kusam, sehingga perusahaan harus membersihkan atau mengecat ulang pesawatnya. Cost lagi kan? :)

6. Pada warna putih, pecahan, celah, retak ataupun kebocoran bisa dengan mudah terlihat, karena akan meninggalkan bekas warna lain yang lebih tua dan jelas tampak oleh mata. Hal ini memudahkan untuk melakukan inspeksi dan pemeriksaan.

Akan tetapi, tetap ada saja perusahaan penerbangan yang pesawatnya berwarna solid ataupun warna warni penuh dekorasi. Tentunya dengan pertimbangan yang sudah matang dan sudah direkomendasikan oleh para ahli penerbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar