Selasa, 29 April 2014

Tips : Mempercepat System Android Loe

Jika kamu merasa bahwa ponsel android kamu semakin lama semakin lelet atau bertambah lambat, kamu ga sendirian. Bahkan, ada banyak pengguna Android di luar sana juga mengalami masalah yang sama.

Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan hal ini terjadi, misalnya terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background, karena virus, dan sebagainya. Nich, ada beberapa cara yang telah terbukti dapat mempercepat ponsel Android kamu dan bisa kamu coba sendiri tanpa perlu merasa khawatir merusak ponsel kamu.

1. Matikan fungsi Live Wallpaper
Meskipun fitur live wallpaper dapat membuat layar ponsel kamu terlihat lebih menarik dan keren, tetapi dapat memperlambat kinerja telepon kamu, sebab animasi membutuhkan daya processing dan memory untuk tetap berjalan. Jadi dengan mematikan fitur live wallpaper, dapat membuat ponsel kamu menjadi sedikit lebih ringan dan lebih lancar.

2. Singkirkan Widgets yang tidak terpakai
Widgets menggunakan banyak ruang dalam ponsel yang dapat menjadi penyebab utama turunnya kinerja ponsel kamu. Jadi hapus widget yang tidak terpakai di backhround untuk menghindari turunnya kinerja ponsel kamu.

3. Tutup aplikasi dengan tombol Back, jangan dengan tombol Home
Menekan tombol Home di dalam aplikasi hanya akan menempatkan aplikasi tersebut pada mode siaga, tidak menutupnya. Sehingga akan terus mengkonsumsi memori ponsel kamu, yang menyebabkan turunnya kinerja ponsel. Jadi biasakan untuk menekan tombol Back untuk menutup aplikasi tersebut. Atau, tekan dan tahan tombol Home lalu pilih Task Manager. Ini akan menampilkan aplikasi yang berjalan dan pilihan untuk mengakhirinya.

4. Pindahkan aplikasi kamu ke sdcard
Seperti PC, ponsel android akan berjalan lebih cepat dan lancar dengan jumlah ruang kosong yang lebih besar pada memori. Dengan memindahkan aplikasi dari memori ponsel ke sdcard external kamu, dapat mengosongkan beberapa ruang pada memori yang sangat dibutuhkan sambil tetap mempertahankan aplikasi kesayangan kamu. Bagaimana memindahkan aplikasi dari memori ponsel ke SDCard external kamu dapat kamu baca di tips "Bagaimana memindahkan aplikasi ke SDCard".

5. Melakukan Factory Reset
Jika kamu telah mencoba semua langkah di atas tapi masalahnya masih tetap ada, melakukan factory reset bisa menjadi pilihan terakhir yang dapat kamu lakukan. Masalah yang kamu hadapi dengan ponsel Android kamu mungkin disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang telah diinstal dan terlalu banyak perubahan yang telah kamu buat. Dengan mengatur ulang ponsel kamu ke pengaturan awal atau pabrikannya, akan membawanya kembali ke keadaan semula, kondisi awal "seperti baru". (Nanti akan gw update langkah langkah melakukan factory reset pada ponsel Android).
Selamat mencoba yach.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar